SAMARINDA.MAKROMAN – Dalam rangka pembinaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) pada pos ronda wilayah Kelurahan Makroman Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat . Lurah Makroman , (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Makroman, Aiptu Pariyanto didampingi  (Babinsa ) Makroman Serma Iswandi, Kasi Pemerintahan dan Trantib, Rofi Olyvia Devi,SE dan dan Kasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat , Sujiah Pemerintahan, melakukan pembinaan kewaspadaan keamanan yang dihadiri Ketua RT Sekelurahan Makroman yang berjumlah 27 RT di  Balai Pertemuan  Kantor Kelurahan Makroman , Selasa (8/06/2021).

Aiptu Pariyanto menghimbau kepada segenap RT yang hadir agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat.

“Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas,” tuturnya.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan suatu kebutuhan yang tidak lepas dari jalannya roda pembangunan nasional secara umum, dan khususnya masyarakat untuk menjaga keamanan individu dan lingkungan. Masalah kamtibmas bukan semata-mata tanggung jawab polisi, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali,” lanjut Aiptu Pariyanto

Hal senada diungkapkan oleh Lurah Makroman yang diwakili oleh Kasi Seksi Pemerintahan dan Trantib , karena lurah Makroman mengikuti Acara rapat di Kantor Camat Sambutan dalam waktu yang  bersamaan disampaikan  Rofi, bahwa kepedulian dan keterlibatan warga dalam pemeliharaan kamtibmas perlu ditingkatkan, karena masih adanya kasus-kasus kriminal, peredaran narkoba balapan liar, KDRT, sabung ayam, kegiatan-kegiatan proyek yang meresahkan warga,' dapat diatasi, diharapkan dengan adanya Kegiatan ini dapat mengurangi tingkat kriminalitas,  Terjaganya stabilitas keamanan serta dan terjalin silaturami yang erat antar warga.

“Untuk mendukung kegiatan keamanan lingkungan dan menambah semangat dalam melaksanakan aktivitas ronda malam, Pemerintah Kelurahan dalam Hal ini Program Pemberdayaan Masyarakat Yang dilaksanakan oleh Kasi Kesra Ibu Sujiah memberikan peralatan pendukung berupa  Rompi, tongkat karet, dan Senter, Semoga peralatan ini bermanfaat guna menjaga keamanan lingkungan di sini,” ungkap Sujiah.

Di akhir pembinaan siskamling dilakukan secara simbolis penyerahan bantuan peralatan keamanan oleh Bhabinkamtibmas Makroman, Aiptu Pariyanto,Serma Iswandi, Kasi Kesra dan Kasi Pemerintahan kepada perwakilan RT dan disaksikan  kepada Ketua Seklurahan Makroman yang hadri di Ruang Pertemuan Kelurahan Makroman.(HY)

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Makroman
MAKROMAN LAWAN CORONA. JAGA JARAK, DIRUMAH SAJA, CUCI TANGAN, JAGA KESEHATAN!