Cerita singkat yang saya dengar dari salah satu tokoh di desa makroman tentang sejarah adanya desa makroman. dahulu sekitar tahun 1970 di daerah jawa pemerintah mengadakan transmigrasi penduduk jawa ke daerah daerah yang belum padat penduduknya. Pada masa itu di dalam kepemimpinan presiden SOEHARTO. Pada tahun itu pemerintah menyebar penduduk ke seluruh daerah di Indonesia, salah satunya ke daerah Kalimantan . Karena Kalimantan belum banyak penduduknya alias masih di dominasi hutan lebat, Akibat transmigrasi penduduk jawa ke kalimantan tepatnya ke desa makroman, sekarang mayoritas penduduk nya di dominasi oleh masyarakat suku jawa yang sangat kental sekali. dan dahulu belum ada akses jalan darat dari samarinda menuju makroman harus menyebrang sungai dahulu jika ingin ke desa makroman. dan seiring berjalannya waktu sekitar tahun 1990 untuk menuju ke makroman sudah bisa di tempuh lewat jalan darat yang sangat memudahkan masyarakatnya untuk bepergian. Selama orang – orang ini berada di makroman , mereka banyak mendirikan Fasilitasi-fasilits umum yaitu di antaranya : masjid, sekolah dasar, klinik, balai desa dll.

                                                                                             


di desa makroman terdapat salah satu masjid yang pertama kali di bangun yaitu masjid "JammilBaabulJannah" yang artinya pertama dan untuk semua, termasuk masjid terbesar di desa makroman. masjid ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai 1 tiang penyanggah di dalam masjid yang mempunyai arti "satu pelindung untuk untuk semua dan selalu utuh bersatu", masjid tersebut di urus oleh salah satu tokoh di desa makroman yaitu Bpk.Ratijan terkadang beliau sering juga menjadi imam masjid tersebut.

                                                                                    







desa makroman juga memiliki acara kesenian yaitu kuda lumping, wayang, dan juga jaranan. Namun sayangnya sekarang mulai jarang tampil di karenakan tidak ada regenerasi atau penerus untuk kesenian tersebut. Demikian lah tadi cerita yang saya ketahui tentang makroman. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini yang sudah tau sejarahnya tidak akan melupakannya dan yang tidak tau sejarah makroman menjadi tau dan tetap mengenang jasa-jasa orang-orang yang telah membangun desa seperti sekarang ini.


                                                                                                                                    




Demikian lah tadi cerita yang saya ketahui tentang makroman. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini yang sudah tau sejarahnya tidak akan melupakannya dan yang tidak tau sejarah makroman menjadi tau dan tetap mengenang jasa-jasa orang-orang yang telah membangun desa seperti sekarang ini.






Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Makroman
bersama kita bisa